Selasa, 13 Desember 2011

Menjangka Peta

Menjangka Peta

MENJANGKA PETA
1.3.1.Pengertian Tentang Peta Laut Peta laut ialah hasil pemindahan bentuk lengkung bumi keatas bidangdatar yang memuat hal hal serta keterangan keterangan yang dibutuhkanseorang navigator dalam menentukan posisi kapal, jarak, haluan dankeselamatan navigasi dilaut, dilengkapi dengan benda bantu navigasi danperuman-peruman.Peta laut ialah peta yang dibuat sedemikian agar dapat dipakai untukmerencanakan atau mengikuti suatu pelayaran dilaut lepas, perairanpedalaman seperti danau, sungai, terusan dll. Dengan demikian peta lautitu dipakai untuk pedoman berlalu lintas diatas air.

1.3.2. Proyeksi PetaProyeksi Peta adalah cara untuk menggambarkan seluruh atau atausebagian permukaan bumi pada sebuah bidang datar (Peta laut). Hasilpemindahan ini tidaklah begitu baik seperti yang diharapkan, sehinggaperlu dibuatkan proyeksi peta.Kegunaan proyeksi peta adalah untuk maksud tertentu dapat dipakai petayang cocok untuk kegiatan itu dan dapat memilih peta-peta dengandistorsi yang paling kecil sehingga bentuk peta yang terjadi lebihmendekati bentuk yang sebenarnya.Katagori proyeksi peta terbagi atas 3 (tiga) bagian utama yang dijelaskanpada gambar dibawah ini :1.Proyeksi pada bidang datar ( azimuthal proyection )2.Proyeksi pada bidang kerucut ( conical proyection )3.Proyeksi padabidang silinder ( cylindrical proyection )
1.3.3.Peta MercatorPeta mercator diketemukan oleh Gerdhard Kremer atau didalam bahasalatinnya disebut Gerardus Mercator. Bentuk proyeksi yang dibuat olehG.Mercator ini sama dengan bentuk proyeksi silinder, dimana silindernyamenyinggung bola bumi dikatulistiwa dan titik pusat bumi adalah titikpusat proyeksi. Oleh karena bumi berbentuk bola itu tidaklah bulat benarmaka hasil proyeksi tidak memberikan gambaran bumi yang mendekatibentuk yang sebenarnya. Kesalahan-kesalahan yang paling jelas danbesar terdapat pada kutub, karena jari-jari bumi makin mengecil kearahkutub bila dibandingkan dengan jari-jari bumi di katulistiwa. Itu sebabnyapeta Mercator yang dipakai sekarang ini bukanlah hasil proyeksi silindersemata-mata, tetapi merupakan hasil perhitungan matematika untuklintang bertumbuh yang dilakukan oleh Edward Wright. PerhitunganMercator sebagai hasil perhitungan matematisnya Edward Wrightmempunyai beberapa kelebihan antara lain :-Garis lintang dan garis bujur adalah garis-garis lurus yang salingtegak lurus satu sama lain-Garis loxodrome (haluan kapal) juga merupakan garis lurus.Dipeta garis loxodrome memotong bujur-bujur atas sudut yangsama-Sudut antara garis haluan dibumi sama dengan dipeta-Katulistiwa dan lintang sejajar satu sama lain demikian juga bujur-bujur sejajar satu sama lain. Katulistiwa dan lintang tegak lurusbujur-bujur-Skala bujur tetapSkala lintang dan skala bujur pada peta MercatorSkala lintang:-terdapat dikiri/kanan pinggiran peta-10skala lintang = 60 mil laut-Skala lintang dipakai untuk mengukur jarakSkala Bujur:-Terdapat dipinggir atas/bawah peta-Skala bujur berdasarkan katulistiwa-Skala bujur hanya dipakai untuk menentukan bujurnya suatutempat bukan untuk mengukur jarakPada bola bumi, Loksodrom adalah garis dibumi yang membentuk sudutsudut yang sama dengan semua derajah. Sudut sudut tersebut beralihtanpa perubahan didalam peta bertumbuh. Jadi didalam peta, loksodrommembentuk sudut sudut yang sama dengan derajah, karena derajahderajah adalah garis garis lurus yang sejajar satu sama lain.v

Tidak ada komentar:

Posting Komentar